HUBUNGAN ANTARA PRAKTEK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN TINGKAT KEPUASAN KARYAWAN : STUDI KASUS DI HOTEL NIKKO

Kusuma, Chandra Wijaya HUBUNGAN ANTARA PRAKTEK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN TINGKAT KEPUASAN KARYAWAN : STUDI KASUS DI HOTEL NIKKO. Skripsi Program Studi Teknik Industri. (Submitted)

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN ANTARA PRAKTEK MANAJEMEN SUMBER DAYA .pdf - Submitted Version

Download (124Kb) | Preview

Abstract

Proses industri berkembang dengan cepat seiring perkembangan waktu. Perkembangan tersebut menyebabkan persaingan yang ketat di sektor industri. Keberhasilan memenangkan persaingan tersebut akan menentukan suatu perusahaan bisa bertahan hidup dan meningkatkan usaha. Salah satu kunci untuk memenangkan persaingan tersebut adalah memberikan barang dan jasa dengan kualitas yang tinggi. Aspek manusia, proses, dan fasilitas merupakan aspek yang terpenting dalam meningkatkan hasil kualitas yang baik.Kepuasan karyawan dalam praktek manajemen sumber daya manusia memegang penting dalam melayani dan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Penelitian ini akan menggunakan 6 variabel praktek manajemen sumber daya manusia yaitu format informasi, sasaran dan hasil, kerja sama (teamwork ), kepemimpinan ( leadership), kepuasan pelanggan, gaji. penelitian ini akan melihat karakteristik karyawan dan pekerjaan terhadap kepuasan karyawan dan keenam variabel tersebut yang berdasarkan survey terhadap 40 karyawan Hotel Nikko di Jakarta. Dari hasil pengolahan data, didapatkan hasil ada pengaruh antara jenis kelamin dengan kepuasan karyawan, format informasi dan teamwork . Tidak ada pengaruh antara status, status pekerjaan, tingkat pendidikan dan jabatan dengan kepuasan karyawan dan praktek manajemen sumber daya manus ia. Selain itu penulis akan melihat hubungan antara kepuasan karyawan dengan praktek manajemen SDM. Hasil tersebut menunjukan bahwa cukup tinggi antara Kepuasan karyawan dengan format informasi, sasaran dan hasil, teamwork dan gaji; format informasi dengan sasaran dan hasil, format informasi dengan teamwork dan gaji; sasaran dan hasil dengan teamwork dan gaji, teamwork , leaderdan gaji dengan kepuasan pelanggan. Hubungan sedang antara kepuasan karyawan dengan leader dan kepuasan pelanggan; format informasi, sasaran dan hasil, teamwork dengan leader.Ada hubungan yang lemah antara format informasi, sasaran dan hasildan gaji dengan kepuasan pelanggan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas; Praktek Manajemen SDM; Profil responden
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 28 Feb 2014 09:06
Last Modified: 28 Feb 2014 09:06
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item