PENGUJIAN KONTRIBUSI BELAJAR YANG BERMAKNA PADA KREATIVITAS, SELF-REGUUTED LEARNING, DAN PRESTASI AKADEMIK (STUDI KASUS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH UMUM DI JAKARTA)

Basuki, A.M. Heru PENGUJIAN KONTRIBUSI BELAJAR YANG BERMAKNA PADA KREATIVITAS, SELF-REGUUTED LEARNING, DAN PRESTASI AKADEMIK (STUDI KASUS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH UMUM DI JAKARTA). Proceeding, Seminar Nasional PESAT 2005. ISSN 18582559

[img]
Preview
Text
PENGUJIAN KONTRIBUSI BELAJAR_UG.pdf - Submitted Version

Download (786Kb) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya keluhan masyarakrat tentang rendahnya mutu pendidikan di Indonesia termasuk lulusan SMU. Keluhan tersebut sesuai dengan hasil penelilian Programme for International Student Assesment (PISA). yang menunjukan prestasi siswa Indonesia rata-rata berada pada peringkat bawah. Praksis pendidikan di Indonesia dalam tiga dasa warsa terakhir ini ternyata lebih berorientasi pada paradigma yang menyatakan peserta didik perlu dibekali dengan pengetahuan yang sebanyak-banyaknya. Dampak yang sangat mendasar dari praksis pendidikan seperti ini adalah rendahnya mutu lulusan.Dari konsepsi teoritis tersebut disusun suatu model kontribusi belajar yang bermakna pada keativitas, self-regulated learning. dan prestasi akademik siswa Sekolah Menengah Umum Negeri di Jakarta. Untuk mendapatkan model yang memiliki goodness of.fil alau sesuai dengan data moira dilakukan suatu penelitian ex-post/acto di SMU Negeri Jakarta peringkat Atas, Menengah dan Bawah, mosing-mosing dua kelas. Jumlah sampel 485 siswa kelas II. Pemilihan siswa kelas II dilakukan berdasar purposive sampling. sedang pemilihan ulos sebagai sampel berdasar teknik cluster random sampling. Selelah dilakulran pengujian persamaan struklural dengan Program USREL ternyata modeltersebut sesuai dengan data. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belajar yang bermakna. kreativitas sangat penting dalam pembelajaran dalam rangka meningkatlran prestasi akademik maupun mutu pendidikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self-Regulated Learning; ex-post/acto; goodness of.fit;
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 28 Feb 2014 09:34
Last Modified: 28 Feb 2014 09:34
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item