PERSONIFIKASI WEB E-COMMERCE MENGGUNAKAN BASKET ALGORITMA DARI DATA MINING

Radhiaty, Radhiaty and Husufa, Nurullah and Letik, Juningsi D.F.J and W, Tri Wahyu and Wicaksana, I Wayan Simri (2009) PERSONIFIKASI WEB E-COMMERCE MENGGUNAKAN BASKET ALGORITMA DARI DATA MINING. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Sipil), 3. ISSN 1858-2559

[img]
Preview
Text
PERSONIFIKASI WEB E-COMMERCE MENGGUNAKAN BASKET ALGORITMA DARI DATA MINING _UG.pdf - Submitted Version

Download (428Kb) | Preview

Abstract

Dengan semakin bertambahnya jumlah transaksi database sangat penting untuk membuat data tersebut lebih bermanfaat bagi perusahaan dalam meningkatkan laba. Metode data mining bisa digunakan untuk mengolah data dengan cara mengelompokkan masing-masing pembeli dan mempelajari tingkah laku pembeli dalam melakukan transaksi. Dengan informasi yang dihasilkan dari data mining setiap pembeli akan memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhannya. Teknik market basket analysis adalah salah satu teknik data mining yang bertujuan untuk menemukan produk-produk yang sering dibeli bersamaan dari data transaksi, ini sangat diperlukan untuk menentukan aturan asosiasi. Aturan asosiasi adalah suatu pola kecenderungan pembeli dalam berbelanja barang. Dengan pola pembelian barang inilah dapat dilakukan strategi – strategi pemasaran untuk menentukan barang apa yang akan dijual dan bagaimana cara supaya proses penjualan lebih baik. Salah satu teknik yang bisa digunakan pada proses mining aturan asosiasi adalah menggunakan algoritma pincer-search.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: aturan asosiasi; data mining; e-commerce; market basket analysi; pincer-search
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 01 Mar 2014 09:29
Last Modified: 01 Mar 2014 09:29
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item View Item