TEKNIK CUBE MAPPING DENGAN OPENGL

Prasetyo, Eri and Prasetiyo, Prasetiyo and Ningtyas, Dian Kusuma (2008) TEKNIK CUBE MAPPING DENGAN OPENGL. Jurnal Informatika, 4 (1).

[img]
Preview
Text
Teknik Cube Mapping_UG.pdf - Submitted Version

Download (6Mb) | Preview

Abstract

Di bidang komputer grafik, Environment Mapping merupakan teknik untuk mensimulasikan sebuah obyek agar dapat merefleksikan lingkungan sekitarnya. Teknik ini pertama kali diajukan oleh Blinn dan Newell pada tahun 1976. Cube Mapping sebagai bagian dari metode Environment Mapping merepresentasikan lingkungan sekitarnya dengan cara "menempelkan" enam buah gambar yang berbeda di keenam sisi obyek. Hal ini membuat obyek seolah memiliki enam sisi pantul, yaitu depan, belakang, kanan, kiri, atas, dan bawah. OpenGL sebagai kumpulan library, fungsi, dan prosedur untuk bidang komputer grafik telah mendukung Cube Mapping sebagai salah satu teknik Texture Mapping. Kemampuan OpenGL dalam mendukung Cube Mapping membuat dunia komputer grafik memiliki fitur tambahan untuk dapat lebih menghasilkan sesuatu yang lebih realistis. Keunggulan OpenGL yang platform-independent memungkinkan kita untuk membuat grafik yang dapat dijalankan di semua sistem operasi dengan hanya sedikit penyesuaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: komputer grafik; proyeksi; refleksi lingkungan; Texture Mapping;
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 01 Mar 2014 23:45
Last Modified: 01 Mar 2014 23:45
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item