Pengaruh Orientasi Wirausaha dan Orientasi Pasar Ekspor terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Yunanto, Muhammad and Medyawati, Henny and Estiningsih, Estiningsih and Hermawati, Sri (2009) Pengaruh Orientasi Wirausaha dan Orientasi Pasar Ekspor terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). PROGRAM HIBAH KOMPETISI-A3 AKTIVITAS 2. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Pengaruh Orientasi Wirausaha dan Orientasi pasar Ekspor terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).pdf

Download (1086Kb) | Preview

Abstract

Pembinaan UMKM terhadap manajemen dan pemilik perusahaan UMKM tradisional atau manajemen keluarga lebih ditingkatkan agar dapat menangkap peluang ekspor dengan cakupan yang luas. Berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orientasi pasar dan orientasi entrepreneur keduanya merupakan faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui pengaruh orientasi wirausaha dan orientasi pasar dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) produsen eksporter di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), sehingga dapat ditetapkan suatu kebijakan untuk mendukung pengembangan pasar dan produksi dari industri tersebut. Penelitian ini menganalisis tiga variabel yaitu orientasi wirausaha (X1), orientasi pasar (X2), dan Kinerja unit UMKM (Y). Koefisien ρ dan r merupakan koefisien regression weight, sedangkan Є merupakan disturbance term (error). Berdasarkan hasil regresi linier dan korelasi dibuktikan bahwa hubungan antara Variabel orientasi wirausaha terhadap kinerja unit UMKM adalah positif dan signifikan berdasarkan p = 0,009 < 0,05. Demikian juga hubungan antara Variabel orientasi pasar terhadap kinerja unit UMKM adalah positif dan signifikan berdasarkan p = 0,037 < 0,05. Hasil analisis jalur, kekuatan pengaruh parsial orientasi wirausaha terhadap kinerja unit UMKM adalah positif sebesar 19%. Sedangkan pengaruh parsial orientasi pasar terhadap kinerja unit UMKM adalah positif sebesar 11,7%. Kekuatan pengaruh kedua Variabel, yaitu orientasi wirausaha dan orientasi pasar secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja unit UMKM adalah sebesar 51,9% nilai tersebut adalah sama dengan nilai koefisien determinasi. Besarnya tingkat pengaruh dari orientasi wirausaha secara langsung terhadap kinerja unit UMKM adalah sebesar 19% bilamana ditambah dengan hubungan dengan orientasi pasar akan meningkat menjadi 29,4%. Sedangkan besarnya pengaruh dari orientasi pasar secara langsung terhadap kinerja unit UMKM adalah sebesar 11,7% dan bilamana melalui orientasi wirausaha besarnya tingkat pengaruhnya menjadi 22,3%.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 May 2016 04:02
Last Modified: 27 May 2016 04:02
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/1624

Actions (login required)

View Item View Item