ANALISA ASPEK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM UPAYA IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA DI UNIT PLASTIC INJECTION PT ASTRA HONDA MOTOR

Musoffan, Wildan (2007) ANALISA ASPEK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM UPAYA IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA DI UNIT PLASTIC INJECTION PT ASTRA HONDA MOTOR. Skripsi Program Studi Teknik Industri. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ANALISA ASPEK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM UPAYA_UG.pdf - Submitted Version

Download (333Kb) | Preview

Abstract

PT Astra Honda Motor merupakan produsen yang bergerak di bidang perakitan kendaraan bermotor roda dua. PT Astra Honda Motor mempunyai tiga buah pabrik yang terletak di Sunter, Pegangsaandan Cikarang. Sebagai perusahaan yang memproduksi sepeda motor dengan jumlah karyawan yang banyak, maka aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sangatlah penting untuk dilaksanakan mengingat potensi bahaya dan risiko yang ada cukup membahayakan baik pada pekerja, aset maupun lingkungan. Untuk itulah dibentuk bagian Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) untuk menjamin terciptanya lingkungan dan proses kerja yang aman, sehat dan selamatuntuk menghindarimunculnyakerugianbaik padamanusia,asetdan lingkungan. Plastik Injeksi merupakan salah satu divisi produksi di PT Astra Honda Motor yang memproduksi body motor.Potensi bahaya dan tingkatrisikoyang adadidivisitersebut, diantaranya temperatur tinggi, peralatan yang tajam, tabung bertekanan, yang memiliki risiko akan terjadinya kebakarandanledakan.Selainitu, terdapatjuga bahayaergonomidan mekanik. Analisa keselamatan pekerjaan memiliki tujuan utama untuk mengusahakan program analisa keselamatan pekerjaan dengan memperbaiki kinerja keselamatan kerja karyawan. Perbaikan ini harus menghasilkan penurunan yang bernilai yaitu dihasilkan dari kinerja personil yang tidak aman karena kurangnya pengetahuan atau pengertian tentang resiko yang melibatkan pekerja kita. Kebanyakan kegagalan ini akibat dari kurang cukupnya atau kurang terarahnya pelatihan kerja lainnya diakibatkan oleh kebiasaan-kebiasaan baik yang mungkin sudah terlupakan, lainnya lagi diakibatkanoleh beberapa pekerjaan yangdikerjakan sangatjarang, dimanaprosedur-prosedur yang amandan benartidakdiketahuiataudilupakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Potensi Bahaya; Upaya Pengendaliannya; Analisa Keselamatan Pekerjaan
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 Feb 2014 07:39
Last Modified: 27 Feb 2014 07:39
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item