ANALISIS TEGANGAN PADA RANGKA MOBIL BOOGIE

Yamin, Mohamad and Satyadarma, Dita and Hasanudin, Opik A. (2008) ANALISIS TEGANGAN PADA RANGKA MOBIL BOOGIE. Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008). ISSN 1411-6286

[img]
Preview
Text
Analisis Tegangan Pada Rangka_UG.pdf - Submitted Version

Download (849Kb) | Preview

Abstract

Rangka atau chassis adalah bagian komponen terpenting dari semua kendaraan yang berfungsi sebagai penopang berat kendaraan, mesin serta penumpang. Lintasan yang dilalui mobil boogie adalah lintasan off road, sehingga keamanan penumpang menjadi hal yang sangat diperhatikan. Hal ini menjadi alasan mengapa mobil boogie harus memiliki rangka yang menutupi bagian atas kendaraan sehingga pengemudi akan lebih aman jika terjadi kecelakaan yang fatal. Karena beban terbesar terjadi pada dudukan pengemudi dan mesin, maka perlu dilakukan analisis dikedua dudukan tersebut, dengan menggunakan perangkat lunak Catia V5. Tujuannya untuk mengetahui deformasi yang terjadi serta daerah kritis dari masing-masing jenis dudukan dan vector peralihannya. Setelah proses analisis dilakukan, diperoleh tegangan Von Mises maksimum sebesar 14,1 x 107 N/m2 untuk rangka dudukan pengemudi dan 8.81 x 107 N/m2 untuk rangka dudukan mesin, juga didapatkan vektor peralihan sebesar 0,00528 mm untuk rangka dudukan pengemudi dan 0,0000242 mm untuk rangka dudukan mesin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: rangka mobil boogie; analisis beban statis; CATIA V5
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Komputer
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 Feb 2014 08:04
Last Modified: 27 Feb 2014 08:04
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item