Analisa Tekanan Dan Laju Kecepatan Angin Pada Mobil GL-BUS Menggunakan Software Berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD)

Hidayat, Yudi Hardian and Yamin, Mohamad Analisa Tekanan Dan Laju Kecepatan Angin Pada Mobil GL-BUS Menggunakan Software Berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD). Skripsi Program Studi Teknik Mesin. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Analisa Tekanan Dan Laju Kecepatan Angin Pada Mobil GL-BUS _UG.pdf - Submitted Version

Download (208Kb) | Preview

Abstract

GL-BUS merupakan salah satu jenis kendaraan yang sangat penting yang digunakan sebagai sarana ngkutan umum masal. Study kasus yang dibahas adalah menganalisa variabel kecepatan dan tekanan aliran fluida udara pada body mbil GL-BUS. Untuk semua jenis kendaraan diantaranya jenis mobil GL-BUS pengurangan tahanan angin (air drag) yang ditandai dengan pengurangan koefisien tahanan (drag coefisien) adalah salah satu cara yang paling efisien untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Analisa ini menggunakan program cosmosflowork berbasis CFD. Tujuan dari analisa ini adalah untuk mengetahui nilai tekanan dan hasil grafik dari kecepatan yang diberikan pada masing – masing body car diantaranya 60 km/Jam, 80 km/Jam, 100 km/Jam, 120 km/Jam, 140 km/Jam

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: GL-Bus; Kecepatan; Tekanan; CFD
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Program Studi Teknik Mesin
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 Feb 2014 08:39
Last Modified: 27 Feb 2014 08:39
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item