Prediksi Kekosongan Data Debit Banjir dengan Menggunakan Pendekatan Prinsip-Prinsip Informasi Entropy

Santosa, Budi and Suharyanto, Suharyanto and Legono, Djoko (2011) Prediksi Kekosongan Data Debit Banjir dengan Menggunakan Pendekatan Prinsip-Prinsip Informasi Entropy. Seminar Nasional Penanganan Aliran Sedimen dan Dies Natalis X Program MPBA Fakulias Teknik UGM.

[img]
Preview
Text
Prediksi Kekosongan Data Debit Banjir dengan Menggunakan Pendekatan Prinsip-Prinsip Informasi Entropy_UG.pdf - Submitted Version

Download (3284Kb) | Preview

Abstract

Serial debit maksimum sering menggunakan dalam perencanaan dan manajemen sumber daya air untuk berbagai tujuan. Namun keberadaan data debit yang tidak lengkap dan terjadinya kekosongan data debit sering terjadi, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai alasan seperti pencatatan data yang tidak kontinu atau kehilangan dalam penyimpanan. Tujuan dari tulisan ini adalah mengembangkan metode prediksi terhadap kekosongan data debit yang sering terjadi di lapangan. Prediksi dilakukan dengan menggunakan prinsip-prinsip dan teori informasi entropy, dengan memanfaatkan informasi data debit yang didapat dari stasiun pengamatan pada daerah aliran sungai terdekat, yang mempunyai data debit dengan riwayat pencatatan yang bagus dan mempunyai kedekatan hidrologi. Data debit maksimum bulanan yang digunakan sebagai sampel diambil dari stasiun pengamatan Katulampa-Batubeulah-Genteng yang berada di wilayah sungai Ciliwung-Cisadane hulu. Error t Brediksi tujuh bulan kekosongan data stasiun katulampa yang didasarkan informasi data debit dari stasiun Genteng adalah 0.57, \" .sedangkan error prediksi sembilan bulan kekosongan data stasiun Katulampah yang didasarkan informasi data debit stasiun i Batubeulah adalah 0,399. Berdasarkan besar nilai error dan pola hasil prediksi, menunjuldcan bahwa metode prediksi dengan pendekatan prinsip-prinsip informasi entropy mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai metode prediksi kekosongan data debit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: debit banjir; entropy
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 Feb 2014 08:40
Last Modified: 27 Feb 2014 08:40
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item