PEMANFAATAN TEKNOLOGI KNOWLEDGE-BASED EXPERT SYSTEM UNTUK MENGIDENTIFIKASI JENIS ANGGREK DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA

Kurniawati, Ana and Ganefi, Marliza and Irawati, Dyah Cita PEMANFAATAN TEKNOLOGI KNOWLEDGE-BASED EXPERT SYSTEM UNTUK MENGIDENTIFIKASI JENIS ANGGREK DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA. Seminar on Application and Research in Industrial Technology, SMART Yogyakarta, 22 Juli 2009.

[img]
Preview
Text
A-11. Ana Kurniawati, Marliza Ganefi , dan Dyah Cita Irawati.pdf - Submitted Version

Download (388Kb) | Preview

Abstract

Sistem pakar merupakan program komputer yang meniru proses pemikiran dan pengetahuan pakar untuk menyelesaikan suatu masalah yang spesifik. Implementasi sistem pakar banyak digunakan untuk kepentingan komersial karena sistem pakar dipandang sebagai cara penyimpanan pengetahuan pakar dalam bidang tertentu ke dalam program komputer sedemikian rupa sehingga dapat memberikan keputusan dan melakukan penalaran secara cerdas. Salah satu implementasi yang dapat diterapkan adalah dalam bidang pertanian. Pada makalah ini akan dipaparkan tentang pembuatan sistem pakar yang dapat digunakan untuk identifikasi jenis anggrek. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, dan dapat berjalan di dua sistem operasi yaitu Windows dan Linux. Hasil penelitian ini adalah aplikasi sistem pakar yang dapat digunakan untuk identifikasi jenis anggrek.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem pakar; identifikas;, anggrek; Java
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 Feb 2014 08:46
Last Modified: 27 Feb 2014 08:46
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item