ANALISIS DAN PERBAIKAN BENTUK FISIK KURSI KERJA OPERATOR MENJAHIT DENGAN MEMPERHATIKAN ASPEK ERGONOMI (STUDI KASUS PADA PD. SONATA JAYA)

Purwati, Purwati ANALISIS DAN PERBAIKAN BENTUK FISIK KURSI KERJA OPERATOR MENJAHIT DENGAN MEMPERHATIKAN ASPEK ERGONOMI (STUDI KASUS PADA PD. SONATA JAYA). Skripsi Program Studi Teknik Industri. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ANALISIS DAN PERBAIKAN BENTUK FISIK KURSI KERJA _UG.pdf - Submitted Version

Download (223Kb) | Preview

Abstract

Bentuk kursi kerja operator menjahit pada PD Sonata Jaya terdiri dari alas duduk, penyangga alas duduk, kaki kursi, penyangga kaki kursi dan penyangga kursi. Ditinjau dari segi ukuran, material penyusun maupun desain, bentuk fisik kursi kerja operator menjahit kurang ergonomis. Hal ini dapat mempercepat terjadinya proses kelelahan sehingga dapat menggangu aktifitas operator dalam bekerja. Lamanya penggunaan kursi kerja perlu ditunjang dengan kursi kerja yang baik sehingga dapat memperlambat proses kelelahan. Berdasarkan uraian di atas, maka sangat perlu dilakukan suatu analisis dan perbaikan terhadap bentuk fisik kursi operator menjahit, sebagai upaya untuk merancang kursi kerja operator menjahit yang ergonomis. Penelitian diawali dengan mengumpulan data berupa data hasil wawancara, data antropometri, kemudian dianalisis dengan analisis statistik dan perhitungan antropometri. Perbaikan bentuk fisik kursi kerja operator menjahit serta simulasi mengenai keergonomisan kursi dibantu olehperangkat lunak (software) Manikin In Catia Releated13. Hasil perbaikan berupa perubahan dimensi dan desainatau bentuk fisik kersi kerja operator menjahit yang lebih ergonomis. Diharapkan perubahan dimensi dan desain atau bentuk fisik kursi kerja operator menjahit dapat memperlambat proses terjadinya kelelahan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis; Operator; Ergonomi
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 Feb 2014 09:42
Last Modified: 27 Feb 2014 09:42
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item