Penentuan Register dalam pembuatan Iklan

Setiajid, Harris H. and Sari, Aluysia Vicka Tunjung and Djohar, Winda A. (2011) Penentuan Register dalam pembuatan Iklan. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Sipil), 4. ISSN 1858-2559

[img]
Preview
Text
Penentuan Register dalam pembuatan Iklan_UG.pdf - Submitted Version

Download (2422Kb) | Preview

Abstract

Umum diketahui bahwa bahasa merupakan alat komunikasi manusia. Bahasa bisa menyampaikan makna ideasional, interpersonal, dan makna tekstual. Dalam pemasaran suatu produk, menyangkut pemberian brand, tagline dan pembuatan iklan, bahasa sebenarnya memainkan peranan yang penting, kalau tidak dikatakan vital, dalam keberhasilan produk tersebut menguasai pasar. Brand, tagline, dan iklan yang eye-catching dan ear-catching akan mudah diingat konsumen, yang pada gilirannya akan membuat konsumen memberikan pilihannya pada produk tersebut. Linguistik fungsional yang berkembang pesat di Eropa dan Australia ternyata bisa dimanfaatkan oleh kalangan produsen dan perildanan untuk menciptakan iklan produk yang efektif dengan menentukan register iklan. Penentuan register ini dilakukan dengan melakukan analisis konteks kultural dan konteks situasi, analisis field, tenor, mode, dan merancang urutan aktivitas dan strulaut¬teks, serta menginterpretasi makna interpersonal teks.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bahasa; iklan; register; field
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Sastra > Program Studi Sastra Inggris
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 Feb 2014 10:09
Last Modified: 27 Feb 2014 10:09
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item