ANALISIS HALTE YANG ERGONOMIDI KAWASAN KALIMALANG, JAKARTA TIMUR

Saputra, Giri ANALISIS HALTE YANG ERGONOMIDI KAWASAN KALIMALANG, JAKARTA TIMUR. Skripsi Program Studi Teknik Industri. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ANALISIS HALTE YANG ERGONOMIDI KAWASAN KALIMALANG, .pdf - Submitted Version

Download (374Kb) | Preview

Abstract

Halte memiliki fungsi sebagian umum yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menunggu datangnya angkutan umum atau sebagai tempat untuk naik dan turun dari angkutan umum agar terhindar dari kecelakaan yang mungkin terjadi kemacetan lalu lintas Halte di Jakarta khususnya di Kawasan Kalimalang Jakarta Timur belum dimanfaatkan secara maksimum oleh sebagian besar masyarakat karena dirasa tidak nyaman, tidak aman, panas, dan membuat lelah. Masalah-masalah tersebut menyebabkan halte tidak berfungsi efektif, sehingga dirasakan perlu untuk dilakukan analisis dan ergonomi serta perbaikan halte yang ergonomis. Dari penelitian pendahuluan, halte yang terpilih adalah Halte Pondok Kelapa (Depan Burger & Grill), Halte Megatama(depan bank BRI), Halte Supermarket Giant (depan Supermarket Giant), Halte Cipinang Besar (depan SD Putra 1). Kriteria ergonomi yang digunakan untuk penelitian adalah aspek anthropometri, aspek lingkungan fisik dan psikologis (kenyamanan). Pada aspek anthropometri, penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan spesifikasi ukuran halte terpilih dan ukuran tersebut dibandingkan dengan data anthropometri (Nurmianto, 1996) sehingga diperoleh ukuran-ukuran halte ergonomis. Pada aspek lingkungan fisik dan psikologis (kenyamanan), peneliti dilakukan dengan mengumpulkan atribut yang diperhatikan pengguna dan menilai atribut tiap halte. Hasil penelitian aspek anthropometri adalah ukuran-ukuran ergonomis yang perlu diperhatikan dalam membangun halte yang tinggi kanopi bagian depan, lebar halte, panjang halte, tinggi tempat duduk, lebar tempat duduk, panjang tempat duduk dan tinggi sandaran tempat duduk. Hasil penelitian aspek lingkungan fisik dan psikologis (Tingkat keyamanan) adalah adanya atribut-atribut yang perlu diperhatikan dalam pembangunan halte yaitu kanopi pada halte nyaman , halte bebas dari tindakan kriminal, penerangan pada halte cukup, kebersihan halte, adanya tempat duduk pada halte, halte memiliki konstruksi yang kuat, halte nyaman digunakan, halte tidak bocor pada saat hujan, tidak terdapat pedagang kaki lima dan pengemis di halte, halte dapat menampung banyak orang, penempatan halte pada lokasi tepat, tidak licin pada saat hujan, desain halte, desain tempat duduk halte. (Daftar Pustaka 1982 – 2006)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aspek Anthropometri; Aspek fisik dan Psikologis (Tingkat Kenyamanan); Ilustrasi gambar usulan dengan Software 3D max Studio
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 Feb 2014 10:14
Last Modified: 27 Feb 2014 10:14
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item