Implementasi Data Mining dengan Metode Klastering untuk Meramalkan Permintaan Pasar (Studi Kasus PT. Nutrifood Indonesia )

Kurniasari, Arimbi and Banowosari, Lintang Yuniar and Hutapea, Alex Implementasi Data Mining dengan Metode Klastering untuk Meramalkan Permintaan Pasar (Studi Kasus PT. Nutrifood Indonesia ). Skripsi Program Studi Sistem Informasi. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Implementasi Data Mining Dengan_UG.pdf - Submitted Version

Download (315Kb) | Preview

Abstract

Proses peramalan sangat penting artinya dalam perumusan strategi perusahaan di masa datang. Oleh karena itu, sebuah metode peramalan yang bagus mutlak diperlukan agar perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari sebuah proses peramalan. Algoritma Hirarki Divisive merupakan salah satu metode di klastering yang dapat digunakan untuk melakukan peramalan terhadap ketersediaan produk pada PT. Nutrifood Indonesia. Data yang diteliti adalah penjualan produk WRP Nutrisious Drink Coffe kemasan 12 sachet dalam 1 dus untuk distribusi regional pulau jawa. Metoda ini akan melakukan perhitungan dalam beberapa tahapan sampai dihasilkan klaster. klaster-klaster yang terbentuk merupakan kelompok-kelompok distributor berdasarkan kesesuaian sifat dan kemiripan jumlah transaksi yang dilakukannya. Informasi yang dihasilkan dari perhitungan metode hirarki divisive akan digunakan sebagai acuan untuk melakukan ramalan (forecasting) terhadap permintaan pasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Algoritma Hirarki Divisive; Data Mining; klaster; Peramalan
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 Feb 2014 10:20
Last Modified: 15 Mar 2016 10:51
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item