ANALISIS KINERJA UKM PENGOLAHAN KERIPIK PISANG DI BANDAR LAMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

Ramadhani, Dian ANALISIS KINERJA UKM PENGOLAHAN KERIPIK PISANG DI BANDAR LAMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT. Skripsi Program Studi Teknik Industri. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ANALISIS KINERJA UKM PENGOLAHAN KERIPIK PISANG DI BANDAR _UG.pdf - Submitted Version

Download (769Kb) | Preview

Abstract

Propinsi Lampung mempunyai potensi yang cukup besar dalam pengembangan agroindustri, terutama untuk agroindustri dengan orientasi pasar antar daerah maupun ekspor. Hal ini karena propinsi Lampung memiliki potensi lahan pertanian yang cukup luas untuk kebutuhan bahan baku agroindustri, sehingga memungkinkan pengembangan agroindustri dengan skala usaha yang optimal. Salah satu Usaha kecil sektor agroindustri yang memiliki prospek sangat potensial untuk dikembangkan di Propinsi Lampung adalah usaha pembuatan kripik pisang. Bertolak dari kondisi, potensi, dan prospek UK kripik pisang, maka penelitian ini diarahkan untuk menghasilkan suatu pendekatan untuk meningkatkan kinerja UK kripik pisang, melalui laju dan efisiensi dari proses pengembangan UK kripik pisang dengan daya saing tinggi, produktivitas lebih tinggi, lebih memuaskan pelanggan, dapat meningkatkan keuangan, mampu menghindari market missesdari produk yang dihasilkan, sesuai dengan karakteristik UKMdengan segala keterbatasannya, melalui analisis QFD dan Benchmarking. Dari hasil analisis data dan pembahasan, bahwa karakteristik pelanggan yang akan diperbaiki adalah perspektif keuangan (strategi meningkatkan nilai tambah ekonomis dan meningkatkan produksi dengan pemanfaatan bahan baku), perspektif pelanggan (strategi mengintensifkan penjualan, meningkatkan mutu produk dan mengintensifkan promosi), perspektif bisnis internal (strategi memaksimalkan pengolahan produk, meningkatkan mutu pengantaran dan melakukan kerjasama terhadap UKM), perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (strategi memotivasi pekerja agar lebih bertanggung jawab). Kemudian 5 usulan alternatif perbaikan kinerja UKM yaitu22,29% inovasi dalam kinerja operasi, 20,35% kualitas dan produktivitas dalam kinerja operasi, 14,59% organisasi dan motivasi dalam kinerja manajemen sumberdaya, 12,02% penjualan dan posisi pasar dalam kinerja operasi serta 11,82% publik dan lingkungan dalam kinerja hubungan dengan lingkungan. Posisi kinerja PD. Tunas terhadap pesaingnya PD. Suasono dan PD. Dwi Putra sebagian besar cukup baik biladilihat dari strategi per perspektif kinerjanya. Akan tetapi bila dilihat dari strategi meningkatkan nilai tambah ekonomis, meningkatkan produksi dengan pemanfaatan bahan baku, dan melakukan kerjasama dengan UKM yang telah mapan memiliki nilai kinerja terkecil dari pesaing atau kompetitornya PD. Suasono dan PD. Dwi Putra.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: QFD; Karakteristik Pelanggan; Karakteristik Teknis; Kinerja UKM
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 Feb 2014 10:41
Last Modified: 27 Feb 2014 10:41
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item View Item