ANALISIS PEMINDAHAN MATERIAL SECARA MANUAL PEKERJA PENGANGKUT GENTENG UD. SINAR MAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT(REBA)

Herdiana, Dian ANALISIS PEMINDAHAN MATERIAL SECARA MANUAL PEKERJA PENGANGKUT GENTENG UD. SINAR MAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT(REBA). Skripsi Program Studi Teknik Industri. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ANALISIS PEMINDAHAN MATERIAL SECARA MANUAL .pdf - Submitted Version

Download (698Kb) | Preview

Abstract

Pabrik genteng UD. Sinar Mas, masih mengandalkan pengangkutan genteng dengan menggunakan tenaga manusia. Pemindahan material secra manual ini biasanya dilakukan dengan mengangkat, membawa, dan menurunkan. Kegiatan tersebut menimbulkan beberapa keluhan dari para pekerja pengangkut genteng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keluhan yang ditimbulkan dari aktivitas pemindahan genteng secara manual. Menganalisa keluhan pekerja pengangkut genteng secara manual. Mengetahui tingkat resiko cedera pekerja berdasarkan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA). Pengambilan data dilakukan kepada seluruh pekerja pengangkut genteng yang berjumlah 5 orang. Metode yang digunakan untuk mengetahui tingkat keluhan adalah dengan memberikan kuesioner body mapkepada pekerja, sedangkan untuk mengetahui tingkat resiko cedera padapekerja dengan menggunakan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA), menggunakan alat bantu berupa perangkat lunak ERGOIntelligence. Hasil penelitian menunjukkan, bagian tubuh yang paling banyak dikeluhkan adalah bagian punggung

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ERGOIntelligence; Metode REBA; Kuesioner body map; Keluhan pekerja
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 Feb 2014 10:48
Last Modified: 27 Feb 2014 10:48
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item