Coping Mechanism Dan Resistensi Dalam Budaya Patriarki: Kajian Antropologi Psikologi (Stud! Kasus Para Perempuan Di Majelis Taklim Jamiahtunnisa Tangerang Banten)

fajarini, ulfah Coping Mechanism Dan Resistensi Dalam Budaya Patriarki: Kajian Antropologi Psikologi (Stud! Kasus Para Perempuan Di Majelis Taklim Jamiahtunnisa Tangerang Banten). Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Sipil). ISSN 1858-2559

[img]
Preview
Text
KAJIAN ANTROPOLOGI DI MAJELIS_UG.pdf

Download (1967Kb) | Preview

Abstract

Artikel ini menelaah mengenai Majelis Taklim Jamiahtunnisa (disingkat MTJ) yang terdapat di Tangerang Banten, anggotanya adalah perempuan, dikaitkan dengan coping mechanism dan resistensi dalam budaya patriarkhi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pengamatan terlibat,wawancara mendalam dan kajian pustaka.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar jemaah menggunakan majelis taklim secara absah sebagai pelepas penal dan sires yang diakibatkan oleh kehidupan rumah tangga - khususnya dalam hal hubungan suami-istri - yang menekan.Gejala ini saya sebut sebagai semacam coping mechanism.Ketimbang melakukan perlawanan secara langsung terhadap para suami mereka melakukan perlawanan terhadap budaya patriarki dengan tersembunyi atau hidden transcript resistance. Perempuan jemaah majelis taklim menggunakan taktik yang tidak menentang arus.Mereka menempatkan diri sejalan dengan kebijakan doktrin-doktrin agama Islam, mematuhi tuntutan agar perempuan patuh dan teat kepada Allah, orang tua, dan suami, mengikuti semua tata cara kegiatan majelis taklim.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: coping mechanism; resistensi; budaya patriarki;
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 27 Feb 2014 11:01
Last Modified: 27 Feb 2014 11:01
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item View Item