APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFI PADA PERUBAHAN SOSIAL DAN SPASIAL KAMPUNG KOTA JAKARTA (Studi Kasus Pada Kampung Pasar Minggu, Jakar:ta Selatan)

Prabowo, Hendro (2002) APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFI PADA PERUBAHAN SOSIAL DAN SPASIAL KAMPUNG KOTA JAKARTA (Studi Kasus Pada Kampung Pasar Minggu, Jakar:ta Selatan). Proceedings, Komputer dan Sistem Intelejen (KOMMIT 2002). ISSN 1411-6286

[img]
Preview
Text
APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAF_UG.pdf - Submitted Version

Download (8Mb) | Preview

Abstract

Urbanisasi cepat tidak dapat dihindari oleh kota Jakarta tnaupun kota-kota lain di Indonesia. Kota Jakarta adalah salah satu kota yang pada penduduhtya, yang disebabkan karena migrasi dari seluruh penjuru tanah air. Kurang lebih 12 juta orang yang berasal dari 300 kelompok etnis, menjadikan kota Jakarta selain padat juga amat heterogen. Laju pembangunan yang mengiringi urbanisasi akan menimbulkan persoalan-persoalan sosial ekononi dan dibarengi pula dengan masalah spasial. Beberapa persoalan tersebut antara lain adalah: kesesakan, menurunnya interal<si sosial (Altman, 1981), kentiskinan dan kesenjangan sosial ekononi, tata ntang yang tidak berpihak kepada kaum miskin (Bianpoen, I99l), dan sebagainya. Kampung sebagai suatu permukiman tadisional di kota dapat dikatakan sebagai representasi dari kompleksitas masalah perkotaan. Oleh karena itu, kantpung juga tidak terlepas dari masalalt-ntasalah sosial, ekononi, dan spasial, sebagai akibat dari kepadatan penduduk dan heterogenitas. Dengan kata lain, kompleksitas masalah sosial dan spasial di perkotaan secara malcro iuga terjadi pada seting kampung secara milvo. Masalah-masalah sosial dan spasial yang dihadapi olelt kampung-kampung kota di Jakarta semakin hari semakin kompleks dan tumpang tindih, s ehingga akan menciptakan ketidalEastian. Di lain pihak,'perkembangan telonlogi informasi telah menjadikan Sistem htformasi Geografi menjadi salah satu model untuk memecahkan komplel<sitas masalah-masalah yang berhubungan dengan dentografi. Aplikasi dari Sistem Informasi Geografi dapat digunakan untuk nengidentifikasikan suatu masalah, pengambilan keputusan, dan perencanaan, terutama dalam hal ini adalah pada seting kampung kota. Paper ini akan ntenyajikan aplikasi Sistem Informasi Geografi untuk menganalisis proses perubahan sosial dan spasial di kampung Pasar Minggu, yang memiliki tingkat heterogenitas yang tinggi. Dengan menyajikan aplikasi Sistem Informasi Geografi ini diharapkan dapat membantu dalam pengambilan keputusan dan perencanaan tata ruang di masa mendatang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tranformasi spasial; perubahan sosial; GIS
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 28 Feb 2014 02:47
Last Modified: 28 Feb 2014 02:47
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item