PENERAPAN MODEL IRT PADA UJIAN ADAPTIF ONLINE DENGAN TINGKAT KEMAMPUAN BERSKALA SERIBU

Hanum, Halida Ratna Edip PENERAPAN MODEL IRT PADA UJIAN ADAPTIF ONLINE DENGAN TINGKAT KEMAMPUAN BERSKALA SERIBU. Skripsi Program Studi Teknik Informatika. (Submitted)

[img]
Preview
Text
PENERAP AN MODEL IRT PADA UJIAN ADAPTIF ONLINE DENGAN TINGKA T_UG.pdf - Submitted Version

Download (2516Kb) | Preview

Abstract

Ujian adaptif merupakan sistem ujian terotomasi yang dilakukan secara adaptif, menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan kemampuan masing-masing peserta ujian. Soal yang diberikan tergantung dari jawaban soal sebelumnya: benar atau salah. Dan hasilnya adalah level atau tingkat kemampuan peserta ujian. Salah satu metode yang digunakan dalam ujian adaptif yaitu model Item Response Theory (IRT) yang diimplementasikan dalam pembuatan aplikasi ujian adaptif untuk lingkungan pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab apakah ujian adaptif mampu menentukan tingkat kemampuan peserta ujian. Berdasarkan hasil eksperimen, dapat disimpulkan bahwa ujian adaptif yang dikembangkan dengan menerapkan item response theory , mampu menempatkan peserta ujian pada tingkat kemampuan yang sesuai dengan kemampuannya, dan memberikan manfaat seperti ujian jadi cepat dan mudah, hasil ujian bisa didapat dengan cepat, peserta tidak memerlukan lembar ujian, djadwal ujian menjadi fleksibel, dapat memberikan hasil yang akurat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penerapan; adaptif; ujian
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 28 Feb 2014 02:55
Last Modified: 28 Feb 2014 02:55
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item