MENGEV ALUASI PERANCANGAN SISTEM YANG INTERAKTIF DALAM INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

R, Dewi Agushinta MENGEV ALUASI PERANCANGAN SISTEM YANG INTERAKTIF DALAM INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. Proceeding, Seminar Nasional PESAT 2005. ISSN 18582559

[img]
Preview
Text
MENGEVALUASI PERANCANGAN SISTEM_UG.pdf - Submitted Version

Download (549Kb) | Preview

Abstract

Teori dan metode psikologi membentuk kontribusi utama terhadap pemahaman dalam interaksi manusia dan cOmpuler. Metode-metode psikologi meliputi observasi. survey, eksperimen laboratorium, studi kasus, simulasi dan bentuk lolin dari investigasi pada banyak aspek peri/aku manusia. Sulit untulc dikatakan area dari psikologi yang paling relevan dengan interaksi manusia dan computer karena semua perilaku manusia memiliki dampak pada interaksi mallusia dan computer dan computer juga memberikan dampak pada man usia dengan berbagai cara. Evaluasi pada sistem yang interaktif dapat terjadi pada tahapan proses perancangan dapat mengakses aspek perancangan yang berbeda dan tahap eksperimen/implementasi. Aspek perancangan yang merupakan bagian yang menarik dari sudut pandang falctor manusia seperti kemampuan guna, kemampuan belajar, eflSiensi dan penerimaan. Keempat aspek ini dirancang secara umum. Masalah bagi perancang adalah mengetahui aspek perancangan apa yang sepertinya mempengaruhi macam keluaran dari keempat aspek tersebut. Metode evaluasi bermacam-macam dalam kecanggiltan dan kemampuan aplikasinya. Eksperimen untuk mengevaluasi perancangan da". implementasi harus dibangun secara hati-hati. Banyak penelitian dalam psikologi bergantung pada bulcti empiris, melihat dari hasil pelaksanaan eksperimen. Salah satu cara yang paling kuat da/am mengevaluasi perancangan software adalah dengan menggunakan eksperimen yan terkendali. Eksperimen dirancang dengan melakukan uji coba terhadap beberapa prediksi yang muncul dari hipotesis eksplisit yang keluar dari teori yang mendasarinya. Misalnya hipotesa teori memori kerja adalah bahwa ada batasan kapositas dalam memelihara informasi dalam sebuah pernyataan yang alctif tanpa informasi tersebut hilang dari memori kerja. Dari hipolesa ini dapat diprediksi bahwa sebuah interface komputer yang membutuhkan pengguna do/am memelihara sederetan perintah dalam memori kerja yang mungkin berpindah antar benlUk aplikasi yang berbeda, dapat menghasilkan banyak kesalahan dan lambat unjuk kerjanya terhadap ketitiakingatan pengguna terhadap item dalam daftar dibanding sebuah perancangan yang dibuat mungkin untuk semua pilihan perintah yang berbeda dan twak mempunyai tempat dimana pengguna memindahkan antar bentuk yang berbeda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: evaluasi; perancangan; eksperimen;
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 28 Feb 2014 03:08
Last Modified: 28 Feb 2014 03:08
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item