Aplikasi Pemrograman C# Untuk Analisis Tekstur Kayu Parquet Dengan Menggunakan Metode GreyLevel Co-occurrence Matrix (GLCM)

Purnomo, Adi and Puspitodjati, Sulistyo Aplikasi Pemrograman C# Untuk Analisis Tekstur Kayu Parquet Dengan Menggunakan Metode GreyLevel Co-occurrence Matrix (GLCM). Skripsi Program Studi Teknik Informatika. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Aplikasi Pemrograman C# Untuk Analisis Tekstur Kayu Parquet .pdf - Submitted Version

Download (239Kb) | Preview

Abstract

Bidang perindustrian kini sudah semakin pesat. Permintaan pasar akan barang dan jasa menjadi lebih meningkat karenaperkembangan teknologi industri. Pasar menjadi semakin selektif dalam pemilihan bahan baku untukprosesproduksi. Kualitas bahan baku yang tinggi lebih diminati olehpara konsumen penggunabarang danjasa. Dalam industri kayu parquetproses pemilihan bahan baku sangatlah diutamakan. Hal tersebutdikarenakanbanyaknya tipe, jenis dan kelas dalamtekstur kayu tersebut. Pemilihan tekstur kayu tersebut masih banyakdigunakan tenaga manusia, yang mayoritas memakan waktu yang lama dan hasil yang diperoleh masih belum cukup akurat. Untuk mengatasihal ini, digunakanlah sistem pencitraan tekstur kayu untuk mengklasifikasikan teksturpada kayu parquet tersebut. Didalam sistem pengklasifikasian teksturkayu parquet tersebut, digunakanlah berbagai macam metode analisistekstur. Dansalah satu metode analisis tekstur kayu parquet yang digunakan adalah metode GreyLevel Co-occurance Matrix (GLCM). Analisistekstur jenis kayu parquet bertujuan menentukanvariabel untuk mengenali parquet ke dalambeberapa jenis parket yang berbeda-beda tapi mempunyai sifat yang serupake dalam kelompok-kelompok berdasarkanpemakaiannya. Dalam penelitianparquet dianalisa dengan menggunakan metode statistikalgrey level co occurrence matrix (GLCM). Nilai featuresyang digunakan dalam analisa tekstur ini adalah Contrast, Energy, Entropy, Homogeneity, Correlation.Data dalam penganalisasian terdiri dari 13 data citra kayujati parket yang akandianalisa untuk dijadikan prediksi klasifikasi ke dalam jenis kayu jati parquet A,B, atau C.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: AnalisisTekstur; Parket Kayu Jati; Grey Level Co-Occurrence Matrix
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 28 Feb 2014 04:05
Last Modified: 28 Feb 2014 04:05
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item