PENGARUH PROFITABILITAS, KEBIJAKAN HUTANG,DAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011

Martikarini, Nani PENGARUH PROFITABILITAS, KEBIJAKAN HUTANG,DAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011. Skripsi Program Studi Akuntansi. (Submitted)

[img]
Preview
Text
JURNAL OKE.PDF - Submitted Version

Download (280Kb) | Preview

Abstract

Setiap perusahaan membutuhkan modal guna menjalankan aktivitas dan kegiatan operasionalnya. Dalam berinvestasi para investor maupun calon investor perlu mengumpulkan informasi sebagai salah satu dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi di pasar modal. Pada pasar modal yang efisien, harga saham mencerminkan semua informasi baru. Sumber informasi tersebut dapat diperoleh dengan menganalisis laporan keuangan. Indikator yang biasanya digunakan para investor adalah dengan memperhatikan profitabilitasnya, kebijakan hutang, dan kebijakan dividen terhadap nilai peusahaan. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009 - 2011. Sampel yang di ambil sesuai kriteria yaitu 13 perusahaan. Data yang digunakan diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Teknik pemilihan sampel adalah purposive sampling dan penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas yang diukur dengan ROE dan kebijakan dividen yang diukur dengan DPR secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan PBV. Sedangkan kebijakan hutang yang diukur dengan DER tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan PBV. Kemudian secara simultan ROE, DER dan DPR berpengaruh terhadap PBV.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: nilai perusahaan; profitabilitas; kebijakan hutang; dividen
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 21 Feb 2014 06:59
Last Modified: 11 Mar 2014 08:21
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/7

Actions (login required)

View Item View Item