PERANCANGAN PRODUK DARI BAHAN BAKU BUAH PISANG PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH ASRI SOLASIH DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

Rusdiana, Kusnadi PERANCANGAN PRODUK DARI BAHAN BAKU BUAH PISANG PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH ASRI SOLASIH DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT. Skripsi Program Studi Teknik Industri. (Submitted)

[img]
Preview
Text
PERANCANGAN PRODUK DARI BAHAN BAKU BUAH PISANG _UG.pdf - Submitted Version

Download (356Kb) | Preview

Abstract

Usaha kecil dan menengah di Indonesia merupakan suatu peluang usaha yang cukup menjanjikan dimasa sekarang ini, dimana hampir semua kegiatan usaha baik disektor industri maupun jasa terkena dampak moneter pada Tahun 1997 sampai sekarang, namun usaha kecil dan menengah hanya sedikit mengalami goncangan akibat keadaan moneter tersebut. Asri Solasih salah satu UKM yang memproduksi produk makanan. Bahan baku yang digunakan oleh Asri Solasih untuk membuat produknya adalah buah pisang, yang sangat melimpah dihasilkan oleh para petani warga desa Sukaresmi yaitu desa dimana tempat didirikannya UKM Asri Solasi tersebut. Mutu produk yang berkualitas merupakan faktor utama yang dapat menentukan lakunya produk dipasaran, dan yang terpenting harus diperhatikan oleh suatu perusahaan adalah kesesuaian suatu produk yang dihasilkan dengan keinginan konsumen, sehingga konsumen merasa puas didalam menggunakan produknya dan berkelanjutan menjadi pelanggan, untuk mendapatkan mutu produk yang berkualitas tersebut perlu dilakukan pemilihan dan pengoptimalan suatu metode yang lebih baik. Salah satu metode untuk perencanaan dan pengembangan produk adalah Quality Function Deployment. Metode ini digunakan oleh usaha kecil dan menengah Asri Solasi pada produk Sale Pisang Solasih untuk menentukan technical response yang harus dilakukan Teknik pegumpulan data yaitu melalui wawancara serta kuesioner yang dilakukan melalui tahapan yang berkesinambungan. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah lapisan masyarakat dewasa dan toko penjual makana dan para ahli yang terkait dengan produksi makana. Dari pengolaha data didapatkan bahwa 48% produk yang disukai konsumen dari bahan bau buah pisang adalah sale pisang. variable yang di dapatkan berupa:8 keingin sekunder konsumen terhadap produk sale pisang yaitu berupa rasa produk, warna produk, aroma produk, kemasan produk, bentuk produk, kandungan gizi pada produk, harga, dan jenis pisang untuk membuat produk tersebut, dan terdapat 8 kebutuhan sekunder dari karakteristik teknis sale pisang yang berupa desain produk, desain kemasan, teknologi, pengolahan, kesehatan, bahan produk, bahan tambahan, layanan konsumen, dari setiap kebutuhan sekunder tersebut dibagi kedalam beberapa kebutuhan tersier.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Identifikasi suara konsumen; Karakteristik Teknis; produk sale pisang; Matrik HOQ; QFD
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 28 Feb 2014 05:31
Last Modified: 28 Feb 2014 05:31
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item