CONCEPTUAL DATA MODEL HASIL REVERSE ENGINEERING MENGGUNAKAN SYBASE POWER DESIGNER (STUDI KASUS McDONALD'S BUAH BATU BANDUNG)

G, Soni Fajar Surya and Hidayat, Eka Wahyu CONCEPTUAL DATA MODEL HASIL REVERSE ENGINEERING MENGGUNAKAN SYBASE POWER DESIGNER (STUDI KASUS McDONALD'S BUAH BATU BANDUNG). Proceedings,konferensi nasional Sistem informasi 2012. ISSN 9786029876802

[img]
Preview
Text
Public address (pa) via jaringan komputer_UG.pdf - Submitted Version

Download (24Mb) | Preview

Abstract

Dalam sebuah piranti lunak aplikasi, komponen basis data merupakan suatu hal yang dinilai sangat penting untuk dipersiapkan keberadaannya. Terlebih berdasarkan pengalaman-pengalaman praktis yang ada, pada umumnya program aplikasi diraneang tanpa persiapan yang matang dalam proses rekayasanya. Hal ini memungkinkan terjadi luputnya peneatatan dokumentasi dasar yang berisi tentang blueprint atau skema masterplan basis data yang seharusnya ada. Semestinya dokumentasi tersebut dimiliki sebagai upaya antisipasi terjadinya pengembangan basis data yang mungkin akan terus tumbuh sesuai dengan kebutuhan para pengguna program aplikasi tersebut dari waktu ke waktu. Saat ini pembuatan basis data banyak dibantu dengan piranti lunak pemodelan data yang ada, diantaranya adalah Sybase PowerDesigner yang merupakan eontoh kakas Computer Aided Software Engineering (CASE). Umumnya, pola "langkah maju" digunakan dalam pembuatan basis data mulai dari pembuatan Conceptual Data Model (CDM), Physical Data Model (PDM) sampai dengan Generate Database menggunakan Data Base Management System (DBMS) tertentu. Namun seandainya basis data pada suatu DBMS telah ada maka dapat dilakukan pola pembuatan dengan pendekatan "langkah mundur" (reverse engineering) yang dimiliki oleh CASE. Artinya dari suatu basis data yang telah ada dapat dihasilkan kembali CDM sebagai dokumentasi awal penelahaan kebutuhan dan hubungan antar data pada suatu sistem tertentu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Basis Data; CDM; CASE; Reverse Engineering
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Komputer
Depositing User: Mr Reza Chandra
Date Deposited: 28 Feb 2014 06:42
Last Modified: 28 Feb 2014 06:42
URI: http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item